RSS

Cari Tahu tentang Tanda dan Gejala Penyakit Mata

DETEKSI GEJALA MATA UMUM

Sakit mata? Masalah dengan penglihatan Anda? Air mata berlebih atau mata kemerahan?
Di bawah ini adalah daftar gejala mata umum dan kondisi mata yang mungkin berhubungan. Mencatat jenis gejala yang anda alami penting dalam membantu anda dan dokter mata untuk mengetahui apabila terdapat masalah. Pemeriksaan mata dapat menentukan apa masalahnya dan bagaimana memperbaikinya.


Apakah penglihatan Anda buram atau menyimpang?
Penglihatan buram jangka panjang atau penglihatan menyimpang dapat dikarenakan oleh berbagai penyebab. Penglihatan buram, khususnya ketidakmampuan untuk melihat benda dengan jelas baik jauh atau dekat, merupakan tanda dari kesalahan refraksi sederhana seperti rabun jauh (miopia),rabun dekat (hiperopia), astigmatisma atau presbiopia (rabun tua). Hal ini dapat diperbaiki dengan alat bantu koreksi penglihatan seperti kacamata, lensa kontak dan LASIK.

Penyebab yang lebih serius dari penglihatan buram atau menyimpang adalah degenerasi makular yang berhubungan dengan usia, yang seringkali mempengaruhi penglihatan utama. Benda di tengah bidang pandang terlihat menyimpang, tetapi penglihatan perifer tetap jelas. Kondisi ini tidak dapat dibalikan dan dapat menyebabkan kebutaan bila tidak diobati, maka deteksi dini itu penting.

Apakah penglihatan Anda redup?
Memiliki penglihatan redup atau gelap, seperti ketika anda melihat benda dalam kabut, mungkin merupakan gejala katarak. Kondisi ini, yang berhubungan dengan usia, merupakan kondisi progresif yang dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani. Katarak dapat dengan mudah disingkirkan, maka dari itu penting untuk mendeteksi penyakit ini sedini mungkin. Penglihatan redup dapat juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti kekurangan vitamin A, penyakit menular karena hubungan seksual dan tumor mata. Jika anda mengalami penglihatan redup, segera kunjungi dokter mata Anda untuk deteksi dini dan pengobatan.

Apakah Anda kehilangan penglihatan perifer?
Apakah Anda mengalami sakit mata?
Jika penglihatan utama anda baik, namun daerah diluar daerah pandang utama anda mulai kurang jelas atau buram, anda mungkin kehilangan penglihatan perifer. Penglihatan perifer bertanggung jawab untuk mendeteksi gerak pada sudut daerah pandang dan merasakan bahaya yang datang. Penglihatan perifer yang lemah dapat membahayakan.
Salah satu penyebab kehilangan penglihatan perifer adalah glaukoma, dimana biasanya tekanan mata tidak normal. Hilangnya penglihatan perifer tidak selalu terdeteksi namun seiring dengan bertambah parahnya glaukoma, mata dapat menjadi sangat nyeri dan menyebabkan kebutaan. Deteksi dini dan pengobatan penting untuk mencegah hilangnya penglihatan.

Apakah mata Anda gatal atau berair?
Jika Anda mengalami gatal berkepanjangan dan mata berair, anda mungkin alergi terhadap serbuk tumbuhan, bulu binatang, atau benda asing lain yang ada di lingkungan anda. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi biasanya tidak sampai menyebabkan hilangnya penglihatan secara signifikan. Mata anda mungkin mudah terkena iritasi dan lelah. Mata kering (dry eyes) juga dapat menyebabkan mata gatal dan berair. Dokter mata Anda dapat menentukan secara akurat  penyebab ketidaknyamanan mata Anda dan menyarankan pengobatan.

Apakah Anda melihat floaters dalam daerah pandang?
Bintik aneh dan gelap yang kadang terlihat dalam daerah pandang anda disebut  dengan floaters. Floaters terjadi pada saat gumpalan vitrous kecil (cairan seperti jeli) di dalam mata lepas dari dinding dalam mata. Melihat floater bisa merupakan indikasi pelepasan vitrous (vitreous detachment), atau masalah yang lebih serius seperti diabetes retinopati yang menyebabkan pembuluh darah padaretina melemah dan pecah. Akibatnya darah masuk ke dalam mata dan membentuk floaters. Floaters juga dapat disebabkan oleh terlepasnya retina (retinal detachment), yang merupakan kondisi serius ketika retina mata lepas dari lapisan lainnya pada mata. Apabila anda melihat floaters, kunjungi dokter mata untuk diagnosa dini dan perawatan.

Apakah Anda melihat kilatan (flashes)?
Flashes tampak seperti lengkungan cahaya yang melintasi daerah pandang, atau terkadang seperti kilatan cahaya. Seperti halnya floaters, flashes merupakan gejala mata yang umumnya berhubungan dengan pelepasan vitrous dan, lebih serius, terlepasnya retina. Jika Anda melihat flashes, kunjungi dokter mata Anda untuk diagnosa dini dan pengobatan.

Masalah penglihatan lain dan Gejalanya
Ada banyak gejala lain yang disebabkan oleh masalah mata. Sakit mata bisa disebabkan oleh goresan pada kornea atau tekanan internal mata, yang mungkin memberikan tanda bahaya terbentuknya glaukoma. Jika anda mengalami pengerakan kelopak mata berlebih, hal ini dapat disebabkan oleh alergi atau infeksi mata seperti mata kemerahan. Jika anda mengalami masalah di atas dengan mata atau penglihatan anda, kunjungi dokter mata anda untuk diagnosa dan perawatan dini.


MIOPIA (RABUN JAUH)
Apakah pandangan anda buram ketika melihat objek jarak jauh?Anda mungkin mengidap Miopia (Rabun Jauh).
Apakah yang dimaksud dengan Miopia (Rabun Jauh)?
Miopia (rabun jauh) merupakan suatu kondisi dimana seseorang dapat melihat objek pada jarak dekat dengan baik (contohnya ketika membaca buku atau bekerja dengan komputer) tetapi mengalami gangguan ketika melihat objek yang jauh (contohnya rambu lalu lintas atau nomor bus). Miopia biasanya terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya yang masuk untuk jatuh ke retina, bagian mata yang berfungsi untuk melihat.
 Apa penyebab Miopia (Rabun Jauh)?
Miopia disebabkan karena bentuk bola mata yang terlalu panjang, menyebabkan cahaya (dan data gambar yang dibawa dalam cahaya tersebut) jatuh di depan retina.
Bagaimana saya dapat mengatasi Miopia (Rabun Jauh)?
Miopia dapat dikoreksi dengan menggunakan lensa cekung seperti pada kacamata atau lensa kontak. Alat bantu penglihatan ini membantu mata memfokuskan sinar yang masuk ke mata. Cara lain untuk mengkoreksi miopia adalah dengan operasi refraktif seperti LASIK, Epi LASIK dan implan lensa kontak.

HIPEROPIA (RABUN DEKAT)
Apakah Anda dapat melihat objek di kejauhan dengan baik tetapi mengalami masalah ketika melihat objek jarak dekat? Anda mungkin mengalami Hiperopia (Rabun Dekat).
Apakah itu Hiperopia (Rabun Dekat)?
Hiperopia (Rabun Dekat) adalah suatu kondisi dimana seseorang dapat melihat objek jarak jauh tetapi bermasalah ketika melihat jarak dekat (membaca). Seperti masalah refraktif mata yang lain, hiperopia terjadi ketika mata tidak dapat memfokuskan sinar cahaya yang masuk dengan akurat pada retina.
Apa penyebab Hiperopia (Rabun Dekat)?
Biasanya, ini disebabkan karena bola mata terlalu pendek sehingga sinar jatuh di belakang retina. Banyak anak kecil yang menderita hiperopia karena mereka memiliki bola mata yang kecil, tetapi hiperopia akan berkurang ketika bola mata mereka tumbuh seiring dengan usia. Sejauh ini, hiperopia pada orang dewasa sangatlah jarang.
Bagaimana mengatasi Hiperopia (Rabun Dekat)?
Hiperopia dapat dikoreksi dengan lensa cembung seperti pada kacamata atau lensa kontak. Alat bantu penglihatan ini membantu mata untuk memfokuskan sinar yang masuk ke retina. Cara lain untuk memperbaiki hiperopia adalah pilihan operasi refraksi seperti LASIK, Epi LASIK dan implan lensa kontak.

ASTIGMATISMA
Ketika objek terlihat menyimpang dan kabur, anda mungkin mengalami gangguan penglihatan yang dikenal dengan Astigmatisma.
Apakah itu Astigmatisma?
Astigmatisma merupakan suatu kondisi dimana kornea memiliki lengkungan yang abnormal, sehingga menyebabkan gangguan penglihatan. Kornea yang normal berbentuk bulat tetapi pada astigmatisma kornea berbentuk oval, sehingga menyebabkan ketidakfokusan pada cahaya yang masuk ke mata. Astigmatisma merupakan kondisi yang umum diderita dan sering terjadi bersamaan dengan miopia (rabun jauh) atau hiperopia (rabun dekat).
Apa penyebab Astigmatisma?
Penyebab astigmatisma seringkali tidak diketahui. Astigmatisma biasanya ada sejak lahir. Tahap astigmatisma yang kecil dianggap normal dan biasanya tidak memerlukan koreksi apapun.
Meskipun jarang, astigmatisma mungkin juga disebabkan oleh seringnya menggosok mata dengan keras (seperti pada anak yang mengidap alergi konjungtivitis) atau penyakit kornea mata seperti keratokonus.
Bagaimana mengatasi Astigmatisma?
Astigmatisma dapat dikoreksi dengan lensa korektif seperti kacamata atau lensa kontak. Alat bantu penglihatan ini dapat membantu memfokuskan cahaya yang masuk ke retina mata. Cara-cara lain untuk mengkoreksi astigmatisma adalah operasi refraktif seperti LASIK, dan implan lensa kontak.

PRESBIOPIA (RABUN TUA)
Apakah Anda mengalami gangguan  penglihatan jarak dekat ketika membaca atau bekerja menggunakan computer? Anda mungkin mengalami presbiopia (‘Lao Hua’).
Apa itu Presbiopia (Rabun Tua)?
Presbiopia merupakan suatu kondisi yang berhubungan dengan usia dimana seseorang tidak dapat fokus ketika melihat objek berjarak dekat. Presbiopia merupakan proses penuaan mata yang tidak dapat dihindari dan umumnya dimulai pada sekitar umur 40 tahun.
Apakah penyebab Presbiopia (Rabun Tua)?
Presbiopia terjadi ketika lensa mata alami kehilangan elastisitas dan kemampuan untuk berubah bentuk, seiring dengan bertambahnya umur seseorang. Kehilangan elastisitas lensa mengakibatkan mata kurang dapat memfokuskan sinar yang masuk secara akurat ketika melihat objek dekat.
Bagaimana mengatasi Presbiopia (Rabun Tua)?
Presbiopia (Lao Hua) dapat dikoreksi dengan lensa kacamata khusus yaitu lensa bifokal untuk membantu mengkoreksi kondisi tersebut dan kekurangan refraksi lainnya seperti miopia (rabun jauh), hiperopia (rabun dekat) atau astigmatisma.

DEGENERASI MAKULAR YANG BERHUBUNGAN DENGAN USIA
Jika pandangan sentral (daerah tengah penglihatan) mata anda kabur atau terlihat bintik bintik kosong,, atau jika anda melihat garis lurus tampak sedikit bergelombang, kunjungi dokter mata Anda – itu mungkin tanda degenerasi makular terkait usia, kondisi mata yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.
Apakah itu Degenerasi Makular Yang Berhubungan Dengan Usia?
Degenerasi makular adalah kondisi medis kronik yang tidak dapat diperbaiki, yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan macula, atau bagian tengah retina. Degenerasi Makular Terkait Usia (Age-related Macular Degeneration - AMD) adalah penyebab utama kebutaan pada usia 50 tahun keatas. Kondisi ini berdampak kesulitan dalam membaca atau mengenali wajah, meskipun penglihatan perifer (sekeliling pinggir luar) yang cukup baik tetap memungkinkan anda melakukan aktivitas harian lainnya. Namun, mengemudikan kendaraan dan membaca akan terpengaruh.
Apa penyebab Degenerasi Makular Yang Berhubungan Dengan Usia?
Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD) terjadi dalam bentuk ‘kering’ dan ‘basah’. Pada AMD kering, bentuk yang paling umum terjadi, sel-sel sensitive cahaya pada macula perlahan rusak, mengakibatkan penglihatan sentral pada mata yang bersangkutan memburam. Penyebab pasti AMD kering tidak diketahui, tetapi kondisi berkembang seiring dengan penuaan mata. Pada bentuk ‘basah’, pertumbuhan abnormal pembuluh darah di mata menyebabkan resapan darah dan zat protein kedalam sel sensitive cahaya (disebut photoreceptor) pada macula. Hal ini mengakibatkan kerusakan pada macula dan juga kehilangan penglihatan. Bentuk basah adalah kondisi tahap lanjut/akhir.
Bagaimana saya tahu jika saya menderita Degenerasi Makular Yang Berhubungan Dengan Usia?
Anda mungkin mengalami satu dari beberapa gejala berikut ini:
•Penglihatan sentral memburam secara bertahap atau dengan cepat
•Terlihat bayang-bayang gelap atau ada daerah yang tidak terlihat
•Distorsi penglihatan, contohnya garis lurus tampak bergelombang dan ada bagian yang tampak kosong
•Problem membedakan warna, khususnya satu warna gelap dari warna gelap lainnya dan satu warna terang dari warna terang lainnya
•Setelah melihat cahaya terang, fungsi penglihatan lambat untuk pulih
•Kehilangan sensitivitas kontras (kemampuan untuk membedakan berbagai tingkat  kecerahan cahaya)
Apa yang menyebabkan saya beresiko menderita Degenerasi Makular Yang Berhubungan Dengan Usia?
Resiko Anda meningkat dengan:
•Bertambahnya usia: Tidak ada data terbaru tentang berapa banyak orang Singapura yang menderita AMD, tetapi studi komunitas di tahun 1997 menunjukkan bahwa satu dari empat orang berusia 60 tahun ke atas menderita kondisi ini
•Sejarah keluarga yang positif mengidap kondisi ini
•Jenis kelamin: Wanita lebih cenderung mengalami AMD
•Merokok
•Obesitas
•Penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah)
Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah Degenerasi Makular Yang Berhubungan Dengan Usia?
Tidak ada obat yang terbukti dapat mencegah AMD. Cara terbaik untuk mencegah kehilangan penglihatan adalah dengan segera melakukan pemeriksaan mata dan diagnosis oleh dokter mata Anda. Deteksi dini meningkatkan kesuksesan pengobatan. Dengan menggunakan alat pemeriksaan Grid Amsler, perubahan kecil pada penglihatan anda dapat terdeteksi. Anda dapat memonitor penglihatan anda setiap hari dengan memandang Grid Amsler. Anda juga harus berhenti merokok, berpola makan seimbang yang termasuk sayuran hijau, dan melindung mata Anda dari sinar UV dengan menggunakan kacamata hitam atau topi berpinggiran lebar.
 Jenis pengobatan apa saja yang tersedia untuk Degenerasi Makular Yang Berhubungan Dengan Usia?
•Fotokoagulasi laser: Prosedur bedah yang melibatkan pemakaian laser panas
•Terapi foto dinamik: Metode ini menggunakan laser non-termal bersamaan dengan obat intravena untuk menghentikan atau memperlambat progresi kondisi
•Obat-obatan: Macugen dan Lucentis adalah dua obat yang disuntikkan ke mata


KATARAK
Apakah anda mengalami masalah penglihatan karena pandangan kabur berawan yang tidak terbantu oleh kacamata? Anda mungkin mengalami katarak, yaitu pertumbuhan selaput keruh pada mata Anda.
Apa itu Katarak?
Katarak adalah kondisi dimana lensa mata yang seharusnya bersih menjadi keruh, sehingga menghalangi cukupnya cahaya memasuki mata dan mengganggu penglihatan.
Apa penyebab Katarak?
Katarak sangat umum terjadi pada manula karena proses penuaan. Studi Tanjong Pagar Singapore menemukan bahwa lebih dari 80% orang berusia 60 tahun keatas mengalami suatu bentuk katarak.nPaparan sinar ultra-violet yang berkepanjangan, penggunaan obat-obatan seperti steroid dalam jangka panjang dan penyakit tertentu seperti diabetes juga merupakan faktor-faktor resiko perkembangan katarak. Pada kanak-kanak, katarak dapat terjadi sejak lahir atau berkembang akibat suatu cedera.
Apa gejala-gejala Katarak?
Tanda pertama biasanya berupa keruhnya penglihatan. Keluhan lainnya termasuk seringnya berganti kacamata akibat rabun dekat yang terus meningkat pada orang dewasa, warna tampak suram, penglihatan buruk saat cahaya terang, silau, bayangan disekitar cahaya, kesulitan membaca atau menonton televisi atau mengemudi pada malam hari.
Bagaimana Katarak didiagnosa?
Dokter mata anda dapat mendiagnosa katarak dari pemeriksaan klinis ketika anda datang untuk pemeriksaan mata di klinik mata.
Apa yang dapat Saya lakukan untuk mencegah Katarak?
Tidak ada upaya pencegahan yang telah terbukti secara ilmiah. Namun, anda dapat melindungi mata anda dari cahaya ultra-violet dengan menggunakan kacamata hitam secara teratur, pola makan seimbang, mengobati penyakit seperti diabetes, dan berhenti merokok.
Bagaimana cara mengobati Katarak?
Pengertian katarak sudah ”matang” untuk operasi adalah mitos. Operasi biasanya disarankan oleh ahli bedah mata ketika penglihatan anda akibat katarak telah buruk sehingga tidak bisa dikoreksi dengan kaca mata dan menggangu kegiatan harian anda. Ahli bedah mata kami dapat melakukan operasi katarak menggunakan teknik, mesin dan peralatan, yang membuat operasi katarak nyaman, aman dan cepat pulih.
Sebelum operasi, ahli bedah mata anda akan memberikan nasehat dan penjelasan mengenai proses operasi, termasuk mendiskusikan hasil yang diharapkan, kemungkinan resiko dan komplikasi dari operasi. Tim perawat dan penasehat kami juga akan menyarankan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah operasi.
Operasi katarak elektif dilakukan sebagai operasi pulang hari/rawat jalan, dengan menggunakan bius lokal atau topikal,  satu mata satu operasi. Puasa singkat dibutuhkan sebelum operasi. Sebagian besar operasi katarak kami dilakukan dengan teknik yang disebut phakoemulsifikasi. Teknik ini menggunakan energiultrasound, bukan energi laser yang biasanya disalahtafsirkan.



SNEC telah memperkenalkan Operasi Katarak dengan bantuan Femtosecond Laser di Singapura. Klik di sini untuk tahu lebih banyak tentang perbedaan dengan operasi katarak konvensional dan manfaat bagi pasien. Phakoemulsifikasi melibatkan pembuatan sayatan kecil antara 1,8 hingga 3,0 mm pada kornea. Peralatan phakoemulsifikasi yang bergetar dimasukkan ke dalam mata melalui sayatan kecil tersebut. Ini menyebabkan emulsifikasi (pelunakan) lensa berkatarak yang kemudian disedot keluar  pada waktu bersamaan. Kapsul lensa tetap ditempatnya untuk kemudian menerima lensa buatan yang dimasukkan. Operasi selesai tanpa membutuhkan jahitan apapun.
Setelah operasi, anda perlu meneteskan obat mata ke dalam mata yang dioperasi secara teratur hingga 4 minggu kemudian. Juga disarankan untuk beraktifitas ringan dan menjaga kebersihan. Faktor kontaminasi luka seperti berenang dan mencuci rambut sebaiknya dihindari. Perawat anda yang berpengalaman dapat menjelaskan lebih lanjut tentang perawatan paska operasi. Anda juga harus kembali untuk periksa ulang sehari, seminggu dan sekitar sebulan setelah operasi.



GLAUKOMA 
Rasa nyeri yang sangat dan seketika pada mata dapat merupakan tanda glaukoma – kondisi mata yang serius. Tetapi sering kali, perkembangan glaucoma tidak bergejala sama sekali – maka dari itu pemeriksaan mata secara teratur penting untuk menghindari terjadinya glaukoma.
Apa itu Glaukoma?
Glaukoma adalah penyakit mata dimana tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak. Kerusakan ini tidak dapat disembuhkan dan dapat menyebabkan kebutaan pada tahapan yang parah. Glaukoma merupakan 40 persen penyebab kebutaan di Singapura.
Apa penyebab Glaukoma?
Tekanan berlebih dalam bola mata terjadi karena ketidakseimbangan produksi cairan dan pembuangannya dalam bola mata. Terdapat berbagai tipe glaukoma yang berbeda.
Sebagian besar kasus glaukoma adalah dari jenis glaukoma primer sudut-terbuka yang biasanya menyerang manula dan paruh baya. Glaucoma berkembang secara perlahan dan tidak menyakitkan, sehingga anda mungkin tidak menyadari bahwa penglihatan Anda memburuk. Penglihatan perifer (sekeliling pinggiran luar) dan penglihatan malam hari akan terpengaruh terlebih dahulu sebelum penglihatan sentral anda.
Glaukoma akut sudut tertutup biasanya menyerang manula dan wanita setengah baya etnik Cina di Singapura. Tipe glaucoma ini timbul seketika dengan tekanan cairan yang meningkat cepat dan drastis dalam mata. Hal ini mengakibatkan rasa nyeri dan warna kemerahan pada mata, pusing dan mual. Gejala lainnya yang menyertai termasuk penglihatan buram dan melihat lingkaran warna warni disekeliling cahaya.
Glaukoma kronik sudut tertutup berkembang secara bertahap dan sering kali tidak diketahui dalam waktu yang lama. Tipe ini disebabkan oleh penyumbatan saluran pengeringan cairan dalam bola mata secara perlahan, mengakibatkan peningkatan tekanan mata yang berkepanjangan.
Glaukoma sekunder disebabkan oleh peradangan bola mata atau ketika katarak menjadi terlalu parah dan bengkak. Tumor, cidera dan operasi dapat juga menjadi menyebabkan glaukoma sekunder.
Bagaimana saya dapat mengetahui jika saya memiliki Glaukoma?
Penyakit dapat berkembang secara perlahan dan anda mungkin tidak menyadari penglihatan memburuk secara bertahap hingga terlambat.
Apa yang membuat saya beresiko Glaukoma?
• Usia –resiko anda meningkat ketika berusia lebih dari 50 tahun. Di Singapura, sekitar 3 persen jumlah
  orang yang berusia diatas 50 tahun terkena glaukoma. Resiko ini meningkat seiring usia; persentase
  orang berusia lebih dari 70 tahun yang terkena glaucoma adalah 10 persen
• Penyakit-penyakit kronis –resiko anda terkena tipe glaukoma tertentu meningkat jika Anda mengidap
  diabetes dan tekanan darah tinggi
• Etnik – orang Asia dan Afrokaribean lebih rentan terhadap tipe glaukoma tertentu dibandingkan orang
  kaukasian
• Cidera mata
• Rabun jauh yang parah
• Sejarah keluarga
• Penggunaan steroid


Glaukoma

Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah Glaukoma?
Sebagian besar faktor resiko glaukoma seperti usia, resiko keturunan dan etnik tidak dapat dicegah. Ini berarti kesehatan mata yang baik dan pemeriksaan mata secara teratur sangatlah penting untuk deteksi dini. Jika Anda memiliki sejarah glaukoma dalam keluarga atau mengkonsumsi obat-obatan beresiko tinggi, pemeriksaan mata teratur sangatlah penting (lihat pentingnya pemeriksaan mata). Diagnosa dini adalah kunci untuk mencegah kebutaan karena kerusakan saraf glaucoma tidak dapat dikembalikan.
Apa jenis pengobatan yang tersedia untuk Glaukoma?
Glaukoma tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol dengan sukses pada sebagian besar kasus. Pengobatan tergantung pada tipe glaukoma yang didiagnosis. Pengobatan bisa dalam bentuk obat-obatan, terapi laser atau operasi. Dokter anda menentukan cara pengobatan terbaik dalam kasus anda setelah berdiskusi dengan anda.

MATA KERING
Apakah penyakit mata kering?
Penyakit mata kering adalah sekelompok gangguan dari film air mata karena produksi air mata tidak cukup atau robek-film penguapan yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada permukaan mata, terutama kornea (jelas, berbentuk kubah jaringan yang menutupi iris dan pupil), konjungtiva, dan kelopak mata. Film air mata tersebar di mata dengan berkedip, dan membuat permukaan mata halus dan jelas. Film ini terdiri dari tiga lapisan: Lapisan berminyak, yang diproduksi oleh kelenjar Meibomian, membentuk permukaan terluar, hal ini mengurangi penguapan air mata. Tengah, berair (aqueous) lapisan membuat sebagian besar film, melainkan diproduksi oleh kelenjar lakrimal, dan membersihkan mata dengan membasuh partikel asing dan iritasi. Lapisan dalam yang terdiri dari lendir yang dihasilkan oleh konjungtiva, melainkan membantu air mata mematuhi mata.
Siapa yang beresiko mata kering?
Risiko terkena sindrom mata kering meningkat dengan usia. Kondisi ini sangat umum pada orang di atas usia 55 dari kedua jenis kelamin. Namun, secara intrinsik dua sampai tiga kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria pada usia berapa pun - mungkin efek hormon.
Apa saja gejala mata kering?
Anda biasanya akan tahu jika Anda memiliki mata kering. Gejala tersebut terus-menerus menyakitkan, menyengat, terbakar atau mata gatal. Sensasi ini sering disebut sebagai pasir atau gatal, dan sering memburuk sebagai hari berlangsung. Mungkin ada lendir berserabut dalam atau di sekitar mata, iritasi mata dari asap atau angin, dan kesulitan memakai lensa kontak.
Perawatan apa yang tersedia untuk mata kering?
Air mata buatan adalah andalan pengobatan. Solusi air mata buatan dan salep memberikan beberapa bantuan sementara, tetapi berbuat banyak untuk menangkap atau membalikkan kondisi merusak. Agen anti-inflamasi dapat membantu memerangi peradangan yang terkait dengan mata kering. Steroid topikal yang sesuai untuk penggunaan jangka pendek, tetapi dapat menyebabkan efek samping yang serius ketika mereka digunakan untuk waktu yang lama.

DIABETES  RETINOPATY
Apa itu diabetes, dan apa itu diabetes retinopaty?
Diabetes adalah penyakit sistemik kronis di mana tubuh tidak menggunakan dan menyimpan gula dengan benar. Hasilnya banyak masalah kesehatan yang serius; retinopati diabetes adalah salah satunya. Dalam komplikasi diabetes, retina peka cahaya mata rusak karena sistem pembuluh darah bergizi retina melemah. Fragile, pembuluh darah baru terbentuk di retina; ini kemudian bisa bocor cairan ke retina, dan berdarah ke dalam vitreous (yang dibeku, bagian tengah bola mata). Kedua proses ini dapat menjadi bencana untuk penglihatan.
Siapa yang beresiko retinopati diabetes?
Jawaban singkatnya adalah bahwa orang dengan diabetes (baik tipe) beresiko besar tertular retinopati diabetes.
Apa saja gejala retinopati diabetes?
Dalam tahap, non-proliferasi awal retinopati diabetes, pembuluh darah dapat bocor melemah cairan dan zat dari darah ke lapisan retina; ini disebut edema makula atau pembengkakan, dan dapat menyebabkan penglihatan sentral kabur.
Selain kapal melemah, beberapa sel yang membentuk pembuluh darah bisa sakit dan mati, ada kurang oksigen dan nutrisi ke retina. Retina kemudian menghasilkan faktor-faktor yang menyebabkan pertumbuhan baru (proliferasi) dari pembuluh darah, tetapi kapal ini tidak tumbuh tepat. Alih-alih tumbuh menjadi retina, mereka tumbuh menjadi vitreous dan dapat berdarah, menyebabkan bintik-bintik gelap di bidang visual yang muncul untuk bergerak. Kadang-kadang cukup darah akan merusak kemampuan untuk melihat. Selain itu, pembuluh darah abnormal dapat menyebabkan jaringan parut yang melepaskan retina.
Komplikasi mata lain yang umum dari diabetes adalah katarak.
Apa yang harus dilakukan untuk mencegah atau mengurangi retinopati diabetik?
Tidak ada yang sekarang dapat mencegah diabetes (meskipun ada banyak penelitian di bidang ini). Namun, ada cara untuk mengurangi kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2. Ini termasuk: mempertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan (memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25) adalah faktor risiko untuk diabetes, dan obesitas (BMI lebih dari 30) sangat meningkatkan risiko.
Apa pengobatan untuk retinopati diabetik?
Sebuah perawatan laser efektif dalam penyegelan pembuluh bocor yang menyebabkan edema makula. Ada juga pengobatan baru involing suntikan senyawa yang menghambat aktivitas faktor (faktor pertumbuhan endotel vaskular [VEGF], menjadi salah satu) yang menyebabkan edema makula atau retinopati proliferatif. Beberapa pengobatan mungkin diperlukan, dari waktu ke waktu, dan kadang-kadang dilakukan dalam hubungannya dengan operasi vitrectomy. Sebuah vitrectomy dapat direkomendasikan untuk menghapus vitreous darah penuh ketika itu terjadi tidak jelas sendiri atau untuk menghapus membran menyebabkan ablasi retina.
Pengobatan katarak diabetes adalah operasi pengangkatan, seperti dalam kasus katarak yang berkaitan dengan usia.

TERLEPASNYA RETINA
Ketika kondisi floater (yaitu melihat titik kecil dan garis garis dalam pandangan) tiba tiba lebih sering terjadi disertai dengan melihat kilatan cahaya seketika, itu mungkin tanda-tanda terlepasnya retina – masalah serius yang membutuhkan perhatian medis segera.
 Apa itu Terlepasnya Retina?
Terlepasnya retina terjadi ketika retina terpisah dari lapisan terluar mata. Jika tidak diobati dengan segera, terlepasnya retina dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan sebagian atau seluruhnya.
Apa penyebab Terlepasnya Retina?
Terlepasnya retina biasanya terjadi setelah sobekan terjadi pada retina (Lihat Retina Robek). Cairan mengalir melalui pembukaan ini dan memisahkan retina dari lapisan mata lainnya.
Bagaimana saya tahu jika saya mengalami Terlepasnya Retina?
Floaters dan flashes mungkin terlihat pada orang orang usia setengah baya dan manula. Beberapa kasus terjadinya terlepasnya retina tidak disadari hingga sebagian besar retina terlepas. Pada kejadian ini, pasien mungkin melihat adanya bayangan hitam pada beberapa bagian pandangan mereka. Jika dibiarkan kondisi ini akan memperburuk  pandangan sentral/pusat dan menyebabkan hilangnya penglihatan secara signifikan.
Terlepasnya retina dapat juga terjadi secara tiba tiba dan pasien akan mengalami kehilangan penglihatan total pada satu mata.
Apa yang menyebabkan saya beresiko mengalami Terlepasnya Retina?
Miopia (rabun jauh) meningkatkan resiko terlepasnya retina, karena kondisi miopia mengakibatkan penipisan retina, yang selanjutnya meningkatkan resiko terjadinya lubang atau robek. Sejarah keluarga juga mungkin berkontribusi terhadap resiko. Faktor resiko lainnya adalah setelah operasikatarak. Selain itu, terlepasnya retina dapat juga disebabkan oleh penyakit lainnya pada mata seperti tumor, inflamasi parah, atau karena komplikasi dari diabetes.
Bagaimana saya mencegah Terlepasnya Retina?
Jika anda memiliki salah satu faktor resiko terlepasnya retina, anda sebaiknya menghindari aktivitas dimana terdapat resiko guncangan atau tekanan terhadap mata atau kepala. Pemeriksaan mata secara reguler sangatlah berguna untuk mendeteksi dini masalah ini. Dengan pengobatan tepat waktu, retina robek dapat diperbaiki sebelum terlepasnya retina sepenuhnya terjadi.
Apa jenis pengobatan yang tersedia untuk Terlepasnya Retina?
SNEC menyediakan berbagai macam pengobatan terlepasnya retina, termasuk:
• Fotokoagulasi laser, dimana laser digunakan untuk menutup retina robek pada tahap dini;
• Pembekuan atau kriopeksi, pengobatan yang melibatkan pembekuan sklera di belakang lapisan retina
  yang robek. Ini biasanya dilakukan bersamaan dengan operasi pengaitan sklera;
• Operasi untuk memperbaiki operasi pengaitan sklera. Ini melibatkan penguatan retina robek dengan
  menggunakan pita silikon yang mengelilingi mata;
• Vitrektomi, prosedur untuk kasus pelepasan retina kompleks. Vitrektomi melibatkan pengambilan
  vitreous (substansi seperti jel dalam rongga mata) dan mengisi mata dengan gas atau minyak
Lebih dari 90% kasus terlepasnya retina dapat dilekatkan kembali dengan teknik operasi modern. Kadang kala, diperlukan lebih dari satu kali operasi.
Tingkat penglihatan yang pulih dalam jangka waktu enam bulan setelah operasi yang sukses, bervariasi dari orang ke orang.

INFEKSI MATA
Paparan terhadap infeksi virus, bakteri atau parasit dapat mengakibatkan mata menjadi merah, bengkak dan berair – ketahuilah cara mengenali dan menghadapi infeksi mata.
Apa yang dimaksud dengan infeksi mata?
Infeksi mata merupakan kondisi mata yang merah dan bengkak disebabkan oleh agen mikrobiologi seperti virus atau bakteri.
Konjungtivis (mata merah muda atau merah) merupakan infeksi mata yang paling sering terjadi. Ini adalah peradangan konjungtiva dan bagian dalam permukaan kelopak mata, biasanya akibat infeksi virus atau bakteri. Terkadang konjungtivitis juga dikarenakan kondisi alergi bawaan.
Bintil di tepi kelopak mata juga merupakan bentuk infeksi lainnya yang sering terjadi akibat infeksi folikel rambut di bulu mata. Umumnya terlihat seperti jerawat atau bisul kecil. Jika infeksi lebih parah, maka kondisi ini disebut blefaritis, atau infeksi kelopak mata.
Keratitis merupakan infeksi mata yang cukup serius pada bagian kornea sehingga dapat mengakibatkan kebutaan. Peraawtan lensa kontak yang kurang baik dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi ini.
Bagaimana saya mengetahui bahwa saya terkena Infeksi Mata?
Anda mungkin mengalami salah satu atau lebih dari gejala berikut ini:
• Mata merah
• Kotoran pada mata (air, lendir, nanah)
• Mata tidak nyaman/sakit
• Mata bengkak atau pembengkakan di daerah sekitar mata
• Gatal yang terus menerus
• Penglihatan buram
• Kelopak mata mengelupas
Bagaimana mencegah Infeksi Mata?
Untuk mencegah patogen masuk ke dalam mata :
• Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang mata atau muka
• Hindari pemakaian bersama make up mata dengan orang lain dan ganti make up mata setiap 6 bulan
  sekali
• Rawat lensa kontak dengan baik dan jangan berbagi peralatan lensa kontak, tempat atau cairan pencuci
• Apabila Anda terkena infeksi mata, hindari menggunakan make up mata atau memakai lensa kontak
  sampai infeksi sembuh
• Hindari berbagi handuk, sprei, bantal atau sapu tangan
• Cegah paparan mata terhadap air yang terkontaminasi
Pengobatan apa saja yang tersedia untuk Infeksi Mata?
Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mata untuk menentukan penyebab infeksi mata anda dan memperoleh saran pengobatan yang terbaik. Pengobatan umumnya mencakup pemakaian obat tetes antibiotik atau salep mata antibiotik.

Untuk mengetahui bagaimana gambaran masing-masing gejala dari berbagai penyakit mata, Singapore National Eye Centre Singhealth dapat menggambarkannya.

Sumber:  Women’s eye health http://www.w-e-h.org/id/dry-eye-disease.html
               Singapore National Eye centre Singhealth http://www.snec.com.sg/




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

bloggerid mengatakan...



Thanks for sahre visit me in sakit gigi | jerawat
| Obat sakit mata|
Obat sakit gigi|
receding gums treatment |
whatiscancer|

komedo

Posting Komentar